Sugeng Rawuh Teng Blogger "Goresan Tinta Penaku" Mugi-mugi Bermanfaat

Rabu, 11 Februari 2015

NEGARA PENGHASIL MINYAK

NEGARA PENGHASIL MINYAK DUNIA

Harga minyak dunia terus mengalami penurunan. Hingga hari ini, harga minyak dunia masih betah berada di kisaran USD50 per barel.
US Energy Information Administration merilis sepuluh negara penghasil minyak terbesar di dunia tahun 2014. Negara-negara ini berhasil memproduksi jutaan barel minyak per harinya. Dilansir dari CNN Money, Rabu (4/2/2015) berikut daftarnya:
Amerika Serikat (AS)
Negara adidaya ini menduduki peringkat pertama sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan 12,4 juta barel per hari. Produksi minyak AS selalu mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.
Saudi Arabia
Negara yang menjadi tempat tinggalnya raja minyak ini menduduki kedua dalam daftar negara penghasil minyak terbesar di dunia. Saudi Arabia berhasil mencatat produksi minyak sebesar 11,6 juta barel per hari.
Rusia
Negara ini berhasil memproduksi minyak sebanyak 10,6 juta barel per hari. Tidak hanya sebagai produsen minyak, negara ini juga dikenal Negara yang dulu dikenal sebagai penghasil gas alam terbesar kedua di dunia.
China
China berada di posisi keempat sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia. Negeri Tirai Bambu ini berhasil memproduksi 4,4 juta barel minyak per hari.
Kanada
Di posisi lima adalah Kanada. Industri minyak bumi adalah sektor primer andalan dari Kanada. Negara ini memproduksi minyak sebesar 4,3 juta barel per hari.
Iran
Negara di kawasan Timur Tengah seperti Iran adalah negara yang sering berkonflik dengan negara lain karena kekayaan minyak bumi yang dimilikinya. Berada di posisi keenam, produksi minyak bumi Iran per hari mencapai 3,4 juta barel.
Irak
Sama hal nya dengan Iran, negara di kawasan Timur Tengah lainnya seperti Iran juga dikenal sebagai produsen minyak terbesar di dunia. Berada di posisi ketujuh, produksi minyak Irak mencapai 3,3 juta barel per hari.
Uni Emirat Arab
UEAberibukota di Abu Dhabi dengan kota terbesar adalah Dubai. UEA adalah salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia dengan produksi sebesar 3,2 juta barel per hari. UEA berada di posisi kedelapan dalam daftar ini.
Mexico
Mexico merupakan sebuah negara yang terletak di Amerika Utara. Meski termasuk sebagai salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia, produksi minyak Mexico terus merosot dalam beberapa tahun terakhir. Tahun 2014 tercatat produksi minyak Mexico turun menjadi 2,8 juta barel per hari.
Kuwait
Di posisi terakhir adalah Kuwait. Produksi minyak negara ini diperkirakan mencapai 2,8 juta barel per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar